Pemenang Kontes Andai Aku Walikota bidang Transportasi

Oleh Admin Iuran pada 15.01.2018

Kontes ide pada platform online di www.iuran.id untuk tahun 2018 resmi kembali dibuka. Untuk tahun ini sendiri kontes ide dikonsep dalam bentuk marathon dengan idea submission yang dibagi kedalam tiga tahapan sesuai dengan dengan tiga topik utama yang diangkat, yaitu Transportation, Entrepreneurship dan Poverty Reduction. Kontes ide untuk topik transportation sudah dimulai dari tanggal 19 Juni 2017 dan ditutup tanggal 31 juli 2017, dimana proses seleksi dan penjurian dilakukan langsung oleh tim yang dikepalai Bapak Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi, yang dibantu oleh Bapak Sony dan Bapak Bona. Dalam tahapan ini, ada sekitar 85 ide yang masuk yang nantinya akan dikerucutkan kembali menjadi 10 ide terbaik.

Ide-ide terbaik yang dipilih bukanlah ide sembarangan, ide tersebut harus memiliki unsur yang dianggap dapat membantu pengembangan kota Bandung di bidang transportasi baik dari segi desain maupun teknologi. Faktor penilaian ide tersebut dilihat dari seberapa besar kemungkinan untuk diaplikasikan di kota Bandung, tingkat inovasinya, serta tingkat kreatifitas dan keunikannya.

 

Berikut ini adalah daftar ide yang terpilih menjadi 10 besar:

  1. Buzzer Sensor + Camera Trap oleh Rachmat Mulyono
  2. Bandung Travel Pass oleh Indra Nugrohowati
  3. Lampu Lalu Lintas Portable oleh Iman Soeherman
  4. Kartu Transportasi Bandung oleh Jafar S
  5. Aplikasi Pantau Angkot oleh Heru Chandra Dewanto
  6. Solusi Pamungkas (All in One Solution Angkot) oleh Elizabeth Kartini
  7. SADEREK (Sapedah Listrik Anti Derek) oleh Ilham Febryan
  8. Peningkatan Kualitas First Mile Last Mile oleh Ali Bawono
  9. E-bike as A Support of Integrated Transport oleh Aldilah Fazy
  10. Rechargeable Halte oleh Tan Chee Sing

 

Dari ke-10 ide terbaik diatas, dilakukan penyaringan kembali menjadi tiga ide yang dinilai layak dan bisa diaplikasikan di kota Bandung. Nah, ketiga ide inilah yang sudah kita umumkan di perhelatan That’s.ID : Bandung Innovation Festival pada bulan Desember lalu tepatnya di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung. Ketiga pemenang mendapatkan apresiasi berupa hadiah uang tunai dari Pemerintah Kota Bandung, Bappelitbang dengan total hadiah Rp 22.500.000.

 

Berikut ini merupakan ide yang terpilih dan penjelasan singkat tentang idenya :

Pemenang Ke-1. E-Bike as A Support of Intergarted Transport oleh Aldilah Fazy

Penggunaan sepeda listrik sebagai pendukung transportasi publik adalah untuk membantu pengguna mencapai tempat tempat yang tidak terjangkau oleh transportasi publik lain seperti gang dan jalan komplek. Biaya operasional sepeda listrik sendiri terbilang cukup murah jika dibandingkan motor, sepeda listrik hanya menggunakan biaya Rp1000/30Km atau 16,7% biaya operasional motor.

 

Pemenang ke-2. Bandung Travel Pass oleh Indra Nugrohowati,

Bandung Travel Pass dibuat untuk mendukung sektor pariwisata Kota Bandung dengan membuat rute transportasi umum khusus tempat wisata dan membuat kartu Travel Pass untuk membantu para wisatawan dengan pembayaran terintegrasi.

 

Pemenang ke-3. Lampu Lalu Lintas Portable oleh Iman Soeherman,

Lampu Lalu Lintas Portable merupakan sebuah konsep sistem lampu lalu lintas yang dapat dipindah-tempatkan sesuai dengan kebutuhannya. Lampu ini memiliki fitur cerdas (smart technology) dan dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel, serta berkerja secara berdiri sendiri.